Selasa, 03 Februari 2009

Materi Kuliah 10

Perusahaan Waralaba/Franchise
Merupakan salah satu sistem atau model distribusi yang digunakan produsen untuk mengirimkan barang kepada konsumen dan melakukan distribusi yang berkembang

1. Latar Belakang

  • Franchise dari bhs perancis “ franchir” artinya : membebaskan dari perbudakan
  • Arti Umum; memberi hak positif utk melakukan atau menggunakan sesuatu secara komersial
  • Pada umumnya hak tersebut mencakup penggunaan nama atau metode kerja yang telah dikenal dan dimiliki oleh orang lain
  • Waralaba Pabrik-Pengecer
  • Pabrik memberi ijin pada Pengecer untuk menyimpan & memasarkan produknya
  • Contoh ; kendaraan bermotor, peralatan pertanian, produk minyak & gas, sepatu dll
  • Waralaba Pabrik-Grosir
  • Franchise melakukan aktivitas produksi dan mendistribusi kan & mengawasinya pada pengecer
  • Contoh ; produk minuman, bir, fanta, coca cola, the botol dll
Sifat Hubungan Waralaba/Franchise
Berupa perjanjian Kontrak; mengatur
1. Kebebasan melakukan & menggunakan merk
2. Pengendalian & distribusi produk / jasa
3. Sistem pembayaran,
4. Perpanjangan kontrak
5. Pemeliharaan standar operasi
6. Pengendalian manjemen, pengambilan keputusan bersama, pertukaran SDM, pelatihan dll

Keunggulan & Kekurangan Franchise
1. Keunggulan
* Bantuan & Pelatihan Manajemen
* Konsep perusahaan, Produk & Nama yang telah dikenal
* Bantuan Keuangan
* Kepemilikan
2. Kelemahan
* Biaya Awal Tinggi
* Pembatasan Kebebasan Beroperasi
* Kepemilikan Orang lain (Tidak dapat menjadi milik sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar